Icon Header

Panduan Cara Mengatur Setelan Blogger Untuk Pemula

Panduan Cara Mengatur Setelan Blogger Untuk Pemula



    Hallo sobat Blogger. ketika kamu membuat blog baru, ada baiknya mengatur setelannya terlebih dahulu.

    Jangan terburu-buru membuat postingan, lalu mengatur setelannya. Itu kesalahan besar! Karena masih ada banyak hal yang harus kamu lakukan sebelumnya, diantaranya ialah dengan mengatur setelannya terlebih dahulu. Agar ketika blog kamu dipublikasikan atau dikenalkan kepada calon pembaca, blog kamu sudah benar-benar dalam keadaan siap.

    Cara mengatur setelan blogger

    Perlu kamu ketahui, ketika membuat blog baru itu harus dipertimbangkan baik-baik apalagi jika blog yang kamu buat itu untuk jangka panjang bahkan untuk bisnis misalnya. Masih banyak yang harus kamu pelajari sebelum menerbitkan postingan perdanamu.

    Diantaranya:
    • Nama judul. (tidak boleh ngasal)
    • Deskripsi. Harus sesuai dengan isi dari  blog kamu.
    • Alamat. Carilah alamat atau url yang mudah dan sesuai dengan isi blog kamu, (jika tersedia)
    • Domain. Jika punya budget lebih alangkah baiknya membeli domain terlebih dahulu, carilah domain yang familiar, .com .net .id misalnya.
    • Teknik SEO. Ini penting dan perlu kamu pelajari.
    • Niche. Carilah tema atau topik pembahasan yang paling kamu suka, dan sesuai dengan kemampuan juga pengalaman.
    • Template. Ini juga penting, carilah Template yang Responsif, SEO Friendly, Fast loading dan siap Adsense.

    Tapi disini Admin akan membahas tentang Panduan Cara Mengatur Setelan Blogger Untuk Pemula. Adapun untuk caranya silahkan login dulu ke blogger dan pilih "Setelan". dan mulailah mengatur setelan.

    SETELAN DASAR


    Judul: Biarkan saja, kecuali jika kamu ingin mengganti judul blog kamu.
    Deskripsi: Silahkan isi deskripsi ini sesuai isi dari blog kamu yang nantinya akan muncul dibawah judul/logo, disarankan tidak lebih dari 500 kata. Atau biarkan saja kosong.
    Privasi: Biarkan saja, agar blog kamu Publik. Kecuali jika blog kamu untuk privat (tidak untuk umum).
    Alamat Blog: Biarkan saja, kecuali jika ingin mengganti alamat blog kamu.
    Klik "Edit" untuk mengganti alamat blog.
    Klik "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda" jika kamu sudah membeli domain selain dari blogger.
    Klik "Beli domain" untuk membeli domain baru langsung dari blogger
    Pengalihan HTTPS: Biarkan "Ya" agar blog kamu dapat di akses dengan HTTPS bukan HTTP, meskipun kebanyakan situs memakai http, tapi https lebih bagus dan lebih aman.
    Penulis Blog: Biarkan saja, atau klik "+ Tambahkan penulis" untuk menambah penulis baru selain kamu.
    Pembaca Blog: Biarkan saja agar blog kamu bisa dibaca secara publik kecuali untuk privat.


    SETELAN POSTINGAN DAN KOMENTAR


    Tampilkan sebanyak mungkin: Ubah angkanya sesuai dengan jumlah postingan yang nantinya ingin kamu tampilkan di halaman depan blog.
    Templat Entri: Fitur untuk mengubah tampilan postingan dengan memasukan kode HTML khusus. Atau biarkan saja agar sesuai dengan template yang kamu pakai.
    Tampilkan gambar dengan Lightbox: Fitur ini setiap gambar yang berada dalam blog kamu ketika di klik akan menjadi besar (seperti zoom), tapi tetap pada halaman yang sama. Kamu bebas pilih “Ya” atau “Tidak”.
    Lokasi Komentar: Biarkan “Tersemat”, agar kolom komentar otomatis berada dibawah setiap postingan. Atau "Halaman penuh" yang nantinya tampil pada tab yang sama, tapi hanya menampilkan komentar saja. "Jendela munculan" agar komentar tampil di tab baru. Dan juga "Sembunyikan" agar postingan tidak dapat dikomentari.
    Siapa yang dapat mengomentari?: Silahkan pilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.
    Moderasi Komentar: Pilih “Selalu” agar terhindar dari Spam, dan setiap komentar yang masuk harus melalui persetujuan kamu dulu sebelum ditampilkan. Atau pilih “Tidak Pernah” agar setiap komentar masuk otomatis langsung ditampilkan.
    Tampilkan verifikasi kata: Fitur yang digunakan blogger agar terhindar dari Spam. Tapi jika Moderasi komentar dipilih "selalu", fitur ini akan cukup menggangu.
    Pesan Formulir Komentar: Pesan ini nantinya akan tampil diatas/dibawah kolom komentar. Boleh diisi atau biarkan kosong saja.

    SETELAN EMAIL


    Mempublikasikan entri menggunakan email
    : Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan postingan melalui email.
    Email Notifikasi Komentar: Isi dengan alamat email yang di inginkan, jadi apabila ada komentar baru pada postingan blog kamu akan di beritahukan secara otomatis ke alamat email. Baik yang di moderasi ataupun tidak. Atau biarkan kosong saja.
    Email postingan ke: Sama seperti diatas, tapi ini untuk setiap postingan baru.

     SETELAN BAHASA DAN PEMFORMATAN


    Bahasa: Yang dimaksud adalah bahasa pada akun blogger, pilih “Indonesia” agar lebih familiar dan sesuai dengan bahasa kita.
    Aktifkan transliterasi: Pilih “Dinonaktifkan” saja. Ini hanya fitur untuk mengkonversi kata dari bahasa Inggris ke bahasa lain.
    Zona Waktu: Pilih zona waktu sesuai dengan wilayah kamu, Indonesia bagian Barat misalnya, kamu bisa memilih (GMT +7:00) Jakarta.
    Format Header Tanggal: Pilih format tampilan tanggal sesuai keinginan kamu, ini akan tampil pada blog ataupun pada postingan kamu.
    Format Timestamp: Pilih saja sesuai keinginan.
    Format Stempel Waktu Komentar: Pilih sesuai keinginan, ini yang akan tampil pada komentar.

    SETELAN REFRENSI PENELUSURAN


    Deskripsi: Ini penting, silahkan isi deskripsi blog kamu yang nantinya akan ditampilkan pada mesin pencari dibawah judul blog kamu. Tentunya kamu harus mengisi deskripsi ini semenarik mungkin agar SEO, dan menjelaskan secara singkat isi keseluruhan blog kamu tapi tidak boleh lebih dari 150 kata.
    Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan: Fitur ini untuk halaman "404 Page Not Found" kamu bisa mengisi pesan khusus atau biarkan kosong saja.
    Pengalihan Khusus: Fitur ini fungsinya bisa kamu gunakan untuk mengganti permalink lama menuju permalink yang baru.
    Google Search Console: Penting! karena ini adalah sebuah fitur yang nantinya berfungsi untuk memantau sekaligus mempertahankan keberadaan blog kamu di hasil Penelusuran Google. (Sisanya biarkan saja sesuai bawaannya, kecuali jika ada masalah pada blog kamu).

    SETELAN LAINNYA


    Impor konten: Fitur  ini untuk mengimpor konten (jika sudah punya), dengan ini kamu bisa memindahkan konten dari blog lama ke blog yang baru.
    Cadangkan konten: Berguna juga untuk sarana memBackUp konten, silahkan lakukan BackUp konten secara rutin. Agar suatu saat jika terjadi hal yang tidak di inginkan pada blog, kamu masih punya data konten untuk di masukan ke blog yang baru dengan cara Impor konten.
    Video dari blog Anda: Tentunya untuk mengelola semua video yang terdapat pada blog kamu (jika ada).
    Hapus blog: Ini untuk menghapus blog kamu, jangan pernah klik ini apabila blog kamu tidak ingin terhapus.
    Izinkan Feed Blog: Biarkan saja terpilih “Penuh”. Atau pilih "Singkat" agar blog kamu terlindungi dari tindakan Grab Content ,
    URL Alihan Feed Postingan: Fitur ini untuk mengalihkan permalink feed kamu menuju permalink yang telah di targetkan, jika bingung biarkan kosong saja.
    Footer Feed Posting: Boleh diisi dan boleh di kosongkan saja, fitur ini untuk menampilkan iklan feed kamu. Tapi dengan syarat Izinkan Feed Blog terpilih "Penuh".
    Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran : Boleh di pilih “Ya” boleh pilih “Tidak”. Fitur ini untuk menambahkan opsi tautan judul dan lampiran pada editor postingan. Tautan judul memungkinkan kamu untuk menetapkan url khusus pada judul postingan. Sedangkan tautan lampiran, digunakan untuk mp3, Podcast, dan konten lainnya yang ada pada postingan kamu, tapi tetap dapat diputar di umpan seperti RSS dan Atom.
    Konten Dewasa?: Pilih "Tidak" jika isi blog kamu bukan berisi konten khusus dewasa. Atau sebaliknya pilih "Ya" jika isi blog kamu memiliki unsur dewasa.
    ID Properti Web Analytics: Fitur ini untuk  memantau lalu lintas blog kamu dengan mudah. Silahkan diisi dengan ID Google Analytics kamu (jika sudah punya), apabila kamu belum punya bisa di kosongkan saja.

    SETELAN PENGGUNA


    Profil Pengguna: Silahkan edit profil kalian seperti nama, foto, situs yang ditampilkan dll.
    Gunakan Draf Blogger: Pilih saja "Ya" agar kamu bisa menyimpan konten dan tema dalam bentuk Draf.
    Bahasa di blogger: Bahasa yang dimaksud disini adalah bahasa yang kamu gunakan pada saat login ke blogger agar mudah dipahami.

    Mungkin hanya itu dulu Panduan Cara Mengatur Setelan Blogger Untuk Pemula, jika ada yang kurang atau salah tidak usah sungkan untuk beritahu Admin agar segera di perbarui.

    Ali Hyuuga Hanya seorang blogger pemula yang selalu ingin tau

    Share :

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    3 Komentar

    1. Penting nih buat generasi covid19 rajin mengenal dunia blogging. Supaya belajar membaca dan menaikan literasi.

      Daripada aktif di sosial media kemakan hoax atau ikut komen2 gak membangun, mending kenal blogging, mengajak selalu berpikiran positif.

      Dulu pertama ngeblog, juga diawal dari baca konten yang begini, sehingga jadi triger awal ngeblog.

      Semoga postingannya jadi triger generasi covid19 saat ini supaya betah di rumah dengan kegiatan positif, ngeblog.

      Keep blogging!

      BalasHapus
    2. Sangat membantu untuk pemula seperti saya

      BalasHapus
    • Berkomentarlah dengan bijak
    • Link aktif lebih dari satu termasuk SPAM
    • No Rasis No Anarkis No Pornografi
    • Thank you so much for you

    Iklan Di Atas Artikel

    Iklan Di Tengah Artikel

    Iklan Di Bawah Artikel