Icon Header

Inilah 6 Cara Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blog Kamu

Inilah 6 Cara Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blog Kamu

Cara memilih template sesuai kebutuhan



    Memilih template bisa menjadi hal yang cukup membingungkan karena terdapat ratusan hingga ribuan template yang tersedia untuk Blog kamu. Bahkan tidak jarang ada blogger yang sering menggonta-ganti template theme mereka sehingga kamu harus mengetahui kebutuhan Blog kamu agar dapat menyesuaikan template yang pas untuk diterapkan pada blog.

    Pada dasarnya, template yang baik untuk diterapkan pada Blog adalah template yang simpel, sederhana, tapi tetap nyaman untuk dibaca sehingga pengunjung yang membuka blog kamu tidak merasa terganggu dengan template yang ribet dan terkesan penuh.

    Cara Memilih Template Sesuai Kebutuhan

    Template Blog bisa kamu dapatkan dari berbagai macam sumber. Mulai dari yang disediakan oleh Blog kamu sendiri (template bawaan)  hingga template yang bisa kamu temukan di situs lain. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan template secara gratis maupun berbayar.

    Banyaknya variasi template yang disediakan justru kerap membuatmu bingung untuk menentukan tema mana yang cocok untuk digunakan pada Blog kamu. Apalagi jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk mendesain sendiri template yang kamu inginkan sehingga kamu juga kerap menemukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing template.

    Agar kamu tidak terlalu sering menggonta-ganti template hanya karena merasa kurang cocok dengan desainnya. Maka, kamu perlu mengetahui template seperti apa yang baik dan sesuaikan untuk kamu terapkan pada blog.

    Berikut ini adalah cara memilih template sesuai kebutuhan Blog kamu agar memiliki tampilan yang menarik, tetapi juga nyaman untuk diakses pembaca.

    1. User Friendly

    Pengunjung akan betah membaca Blog kamu apabila tampilan dan navigasi untuk mengakses blog pun mudah dan nyaman dibaca. Apabila blog memiliki tampilan yang membuat pembaca tidak nyaman, serta tidak memiliki navigasi yang baik untuk mengakses artikel lain. Maka, bisa jadi jumlah view Blogspot kamu akan sulit bertambah.

    Oleh karena itu, pilihlah template yang sederhana, elegan, tapi tetap nyaman untuk pembaca. Selain itu, kamu juga perlu membuat template blog dengan struktur navigasi yang baik agar pembaca dapat dengan mudah untuk mengakses setiap halaman yang ada di dalam blog.

    Dengan memperhatikan template Blog yang User Friendly, maka pengunjung blog kamu akan betah untuk berlama-lama membuka blog dan dapat meningkatkan jumlah view blog kamu. Hal ini juga menunjukkan bahwa blog kamu berkualitas dan dapat memiliki Traffic yang tinggi.

    2. Responsive dan Mobile Friendly

    Sebagian besar pengunjung Blog mengaksesnya menggunakan Mobile atau Smartphone. sehingga akan percuma jika kamu memiliki template yang elegan dan menarik untuk tampilan PC, tapi justru tampilan mobile-nya tidak Responsif dan tidak nyaman dibaca.

    Template yang responsif adalah tema yang dapat menyesuaikan tampilan berdasarkan perangkat yang digunakan, PC, Tablet, atau Mobile. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek apakah template yang kamu terapkan sudah responsif atau belum.

    Untuk mengetahui apakah template sudah Mobile Friendly, kamu bisa mengeceknya melalui fitur lain Google yakni Mobile Friendly test, atau bisa juga dengan Am I Responsive dan Troy Labs Daum. Blog yang Mobile Friendly juga berarti SEO Friendly karena lebih disukai oleh Google.

    3. Fast Loading

    Salah satu penyebab banyak Blog yang sepi pengunjung adalah karena Loading Speed yang lambat. Sehingga pengunjung lebih memilih untuk keluar ketimbang menunggu.
    Hal yang menyebabkan loading blog lambat adalah karena template yang berat sehingga memperlambat proses loading. Oleh karena itu, dalam memilih template Blog maka kamu perlu memilih template yang ringan dan fast loading. Agar dapat mengetahui template yang fast loading, maka kamu bisa mengeceknya melalui situs PageSpeed Insights, GT Metrix dan sebagainya

    4. Layout pada Template

    Setiap layout dan tampilan yang berbeda memberikan kesan dan kenyamanan yang berbeda-beda untuk Blog. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan Layout dan tampilan dalam template seperti ukuran, posisi, tata letak, hingga warna.

    Sebagai contoh adalah seberapa besar ukuran gambar, tulisan, dan logo yang akan kamu gunakan. Posisi artikel yang berada di kiri, tengah, atau kanan, yang juga mempengaruhi posisi sidebar, serta warna apa saja yang dominan dalam blog.

    Hal-hal seperti ini harus kamu perhatikan dengan teliti agar blog memiliki navigasi yang baik serta pembaca merasa nyaman dan betah berlama-lama mengunjungi Blog kamu.

    5. Font Type atau Font Family

    Meski terdengar sepele, namun jenis font dan gaya tulisan yang kamu terapkan pada template pun perlu kamu perhatikan, karna dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan pembaca. Tipografi yang menarik dan sesuai dapat membuat pengunjung merasa tertarik pada blog, sehingga Blog kamu juga menjadi lebih berkualitas.

    6. Sesuai dengan artikel

    Yang terakhir ini kamu harus pandai dalam memilih Template yang sesuai dengan Artikel yang akan kamu sajikan di Blog.
    Jangan terlalu tergiur dengan template yang keren. Karna mau sekeren apapun template kamu, kalau tidak sesuai dengan Artikel yang kamu sajikan nantinya malah terlihat nyeleneh.

    Misalnya kamu menyajikan Artikel tentang tutorial cara-cara atau tips & trick, tapi Template yang kamu gunakan adalah Template Shoping yang tampilannya cenderung tentang Jual Beli. Apakah itu sesuai? Yang ada malah di anggap nyeleneh.

    Itu dia beberapa cara memilih Template sesuai kebutuhan Blog yang dapat kamu terapkan. Pilihlah template yang sederhana dan tetap nyaman untuk dibaca, sebab itulah yang membuat blog kamu menjadi lebih berkualitas.
    Ali Hyuuga Hanya seorang blogger pemula yang selalu ingin tau

    Share :

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    6 Komentar

    1. Tips cara pemilihan template yang bagus, terima kasih atas pencerahannya, by https://www.wadahinternet.com

      BalasHapus
    2. Gan, thumbnail linkmagz ga nongol di homepage.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semoga di versi berikutnya (v2.0) sudah diperbaiki.

        Kalo dari perangkat saya semua normal 😊

        Hapus
      2. browser ane yg ga support, pas buka lewat chrome normal hehe

        Hapus
      3. Hha sip lah klo gtu mh 👍

        Hapus
    • Berkomentarlah dengan bijak
    • Link aktif lebih dari satu termasuk SPAM
    • No Rasis No Anarkis No Pornografi
    • Thank you so much for you

    Iklan Di Atas Artikel

    Iklan Di Tengah Artikel

    Iklan Di Bawah Artikel